Saturday, December 29, 2012

Contoh Penerapan MM

Contoh Marketing Mix

Perusahaan yang saya kelola bergerak di bidang kuliner dan taman bacaan dengan nama Aia Kawa Library. Kafe ini beralamat di Jln. Bukittinggi Payakumbuh kilometer 11 tepatnya di kawasan Biaro. Kawasan strategis yang selalu dipenuhi wisatawan yang berkunjung ke daerah Bukittinggi dan sekitarnya, selain itu kawasan ini berada di jalur lintas Sumatera yang mempermudah akses pengunjung.
Fasilitas yang kami tawarkan pada pengunjung berupa buku bacaan, makanan dan minuman, wifi gratis juga kami sediakan untuk menarik minat pengunjung. Tempat kami buka setiap hari sekitar jam 15.00 WIB sampai jam 22.00 WIB, kecuali hari jumat kami tutup. Pengunjung biasanya rame pada jam-jam 16.00, ketika para pelajar sudah pulang sekolah dan Bapak-bapak sudah pulang dari tempat kerja. Khusus hari minggu dan hari libur kami menawarkan paket wifi gratis untuk pengunjung.
Bahan-bahan pustaka yang dibaca pengunjung tidak diperbolehkan untuk dibawa pulang, mereka hanya boleh membaca di tempat saja. Program seperti ini juga sangat menguntungkan bagi kami, para pengunjung yang hobi membaca biasanya akan datang kembali pada esok hari karena buku-buku yang dibaca belum mereka selesaikan. Bahan-bahan pustaka yang dibaca pengunjung tidak kami pungut biaya, pemungutan biaya kami ambil dari makanan dan minuman yang di sediakan.

A.    Produk
1.      Buku-buku fiksi dan non fiksi
Seperti: komik, novel, buku panduan pertanian dll.
2.      Koran
3.      Majalah dan Tabloid
Seperti: majalah otomotif, tabloid keren beken dll.
4.      Makanan dan Minuman
Seperti; berbagai jenis Aia Kawa, gorengan dll.
5.      Wifi gratis
B.     Harga
Produk yang kami jual disini hanyalah makanan dan minuman saja. Apabila pengunjung membaca buku, Koran ataupun majalah dan tabloid yang kami sediakan tidaklah dipungut biaya. Biaya sudah kami pungut dari makanan dan minuman yang dipesan pengunjung.
C.     Tempat
Aia Kawa Library bertempat di Jln. Bukittinggi Payakumbuh kilometer 11. Tempat kami mempunyai ciri khas yang sangat menarik perhatian pengunjung, atap dari kafe ini berbentuk gonjong dan dari daun rumbia, ciri khas lainnya yaitu pada Aia Kawa yang diminum dalam tempurung.
D.    Promosi
Promosi produk kami kebanyakan dari mulut kemulut saja, promosi lainnya melalui radio.
Tersedianya wifi gratis pada hari-hari khusus juga merupakan promosi yang ampuh untuk menarik pengunjung.

No comments:

Post a Comment